Main Article Content
Abstract
Pengaruh personal selling terhadap peningkatan penjualan alat tulis pada CV. Etalase mittra jaya di wajo pada masa lockdown pandemi covid-19. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh personal selling terhadap peningkatan penjualan alat tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo. Objek penelitian yaitu seluruh konsumen CV. Etalase Mitra Jaya pada saat penelitian ini di lakukan. teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung personal selling diperoleh hasilsebesar 6,060 lebih besar dari t tabel yaitu 1,299 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,1. Hal ini dapat disimpulkan bahwa personal selling mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan. Jika t hitung lebih kecil dari t tabel dan nilai signifikansinya lebih besar dari 0,1 maka H1 ditolak. Hasil penelitian terhadap pelanggan CV. Etalase Mitra Jaya menunjukkan bahwa personal selling menjadi penyebab timbulnya tingkat penjualan bagi pelanggan untuk bertransaksi pada CV. Etalase Mitra Jaya, dari hasil wawancara rata-rata pelanggan berminat untuk bertransaksi di CV. Etalase Mitra Jaya disebabkan karena adanya kelompok referensi dari orang sekitar seperti rekomendasi dari orang lain.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Makassar. 3, 18–32.
- Asriani, & Miswar, M. D. (2021). Analisis Manajemen Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Tonti Daeng Manggangka Di Desa. 2(1), 67–78.
- Fatma, N., Finatry, I., Hardiyono, & Furwanti, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Gowa. Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik, 11(1), 90–101.
- Fatma, N., Kaok, M., & Aprilius, A. (2020). Lingkungan Kerja , Budaya Karyawan Dan Kepuasan Kerja. 11(2), 113–122.
- Furwanti, R., Hardiyono, H., & Lestari, D. M. (2021). Reinterpretation of Lewis Model in Improving Lingving Standars of Agricultural Sector Workforce. 17(1), 61–68.
- Furwanti, R., Lestari, D. M., & Hardiyono, H. (2020). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Persepsi Risiko: Preferensi Masyarakat Dalam Berinvestasi Pada Perusahaan Emiten Yang Terdaftar Di Jii. Jurnal Al-Tsarwah, 3(2), 16–34.
- Halik, J., Halik, M., Nurlia, N., Hardiyono, H., & Alimuddin, I. (2021). The Effect of Digital Marketing and Brand Awareness on the Performance of SMEs in Makassar City. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2304613
- Hardiyono, Furwanti, R., Lestari, D. M., Adam, M., Anwar, K., Herianto, Wardani, T. U., Yuslin, H., Ramadhina, D., Mahendra, W., Elina, R., Faizah, M., Almawaddah, A., Suci, L. E., & Kuswanto, A. (2021). PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL PASCA PANDEMI COVID-19 (Pertama). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49196/
- Hardiyono, H., Ikhram, A., Finatry, I., Wahdaniah, W., & Furwanti, R. (2020). Effect Covid-19: Burnout on nurse. Espacios, 41(42), 11–18. https://doi.org/10.48082/espacios-a20v41n42p02
- Hardiyono Hardiyono, Irdawati, Misnawati, Bindarto, Y. (2021). Direction of the Cost of Equity Capital in Manufacturing Companies. Jurnal Akuntansi, 25(2), 314. https://doi.org/10.24912/ja.v25i2.812
- Herison, R., Fachmi, M., & Ismail, I. K. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Jasa Grab Food di Kota Makassar Abstrak. 1(2), 24–31. https://doi.org/10.37531/amar.v1i2.131
- Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1), 47–61. https://doi.org/10.37476/massaro.v1i1.644
- Naninsih, N., Karim, K., Hatija, S., Tongli, B., & Alam, S. (2019). Analysis of Business Performance of Housing Developers in Makassar City. 75(ICMEMm 2018), 149–154. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.12
- Naninsih, N., Maupa, H., Brasit, N., & Jusni. (2017). The Effects of Business Environment, Market Orientation, Strategy, and Product Innovation on Business Performance in the Real Estate in Makassar City Nur Naninsih. Scientific Research Journal (SCIRJ), V(X), 51. www.scirj.org
References
Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Makassar. 3, 18–32.
Asriani, & Miswar, M. D. (2021). Analisis Manajemen Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Tonti Daeng Manggangka Di Desa. 2(1), 67–78.
Fatma, N., Finatry, I., Hardiyono, & Furwanti, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Gowa. Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik, 11(1), 90–101.
Fatma, N., Kaok, M., & Aprilius, A. (2020). Lingkungan Kerja , Budaya Karyawan Dan Kepuasan Kerja. 11(2), 113–122.
Furwanti, R., Hardiyono, H., & Lestari, D. M. (2021). Reinterpretation of Lewis Model in Improving Lingving Standars of Agricultural Sector Workforce. 17(1), 61–68.
Furwanti, R., Lestari, D. M., & Hardiyono, H. (2020). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Persepsi Risiko: Preferensi Masyarakat Dalam Berinvestasi Pada Perusahaan Emiten Yang Terdaftar Di Jii. Jurnal Al-Tsarwah, 3(2), 16–34.
Halik, J., Halik, M., Nurlia, N., Hardiyono, H., & Alimuddin, I. (2021). The Effect of Digital Marketing and Brand Awareness on the Performance of SMEs in Makassar City. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2304613
Hardiyono, Furwanti, R., Lestari, D. M., Adam, M., Anwar, K., Herianto, Wardani, T. U., Yuslin, H., Ramadhina, D., Mahendra, W., Elina, R., Faizah, M., Almawaddah, A., Suci, L. E., & Kuswanto, A. (2021). PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL PASCA PANDEMI COVID-19 (Pertama). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49196/
Hardiyono, H., Ikhram, A., Finatry, I., Wahdaniah, W., & Furwanti, R. (2020). Effect Covid-19: Burnout on nurse. Espacios, 41(42), 11–18. https://doi.org/10.48082/espacios-a20v41n42p02
Hardiyono Hardiyono, Irdawati, Misnawati, Bindarto, Y. (2021). Direction of the Cost of Equity Capital in Manufacturing Companies. Jurnal Akuntansi, 25(2), 314. https://doi.org/10.24912/ja.v25i2.812
Herison, R., Fachmi, M., & Ismail, I. K. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Jasa Grab Food di Kota Makassar Abstrak. 1(2), 24–31. https://doi.org/10.37531/amar.v1i2.131
Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1), 47–61. https://doi.org/10.37476/massaro.v1i1.644
Naninsih, N., Karim, K., Hatija, S., Tongli, B., & Alam, S. (2019). Analysis of Business Performance of Housing Developers in Makassar City. 75(ICMEMm 2018), 149–154. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.12
Naninsih, N., Maupa, H., Brasit, N., & Jusni. (2017). The Effects of Business Environment, Market Orientation, Strategy, and Product Innovation on Business Performance in the Real Estate in Makassar City Nur Naninsih. Scientific Research Journal (SCIRJ), V(X), 51. www.scirj.org