Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Menabung

Main Article Content

Zusmawati Zusmawati
Maria Magdalena
Jhon Fernos
Adinda Suci Ramadhani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah menabung di PT Bank Nagari Cabang Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menabung di PT. Bank Nagari Cabang Lubuk Buaya Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra perusahaan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Nagari Cabang Lubuk Buaya Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zusmawati, Z., Magdalena, M. ., Fernos, J. ., & Ramadhani, A. S. . (2023). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Menabung. Economics and Digital Business Review, 4(1), 470–482. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.371

References

Alireza, Taher, Hassan, dan Golipor. 2011. “A Survey of the Effect of Social Media Marketing on Online Shopping of Customers by Mediating Variables.” 7.

Alma. 2002. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.” 2.

Amirullah, SE., M. .. 2015. “populasi dan sampel (pemahaman, jenis dan teknik).” Wood Science and Technology 16(4):68–80. Doi: 10.1007/BF00353157.

Chaniotakis, dan Lymperopoulos. 2009. “Service quality effect on satisfaction and word of mouth in the health care industry.” 19.

Davies, Macfarlane, Megiro, dan Mcgloin. 2006. “green infrastructure planning guide Authors.”

Edy Sutrisno, Ulva Septiani, Supri Wahyudi Utomo, dan Elva Nuraina. 2017. “Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen.” Manajemen Sumber Daya Manusia 1.

Fadhil, Muhammad. 2017. “Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada warkop dg. Sija di kota makassar.”

Faullant. 2008. “The Impact of Satisfaction and Image on Loyalty: The Case of Alpine Ski Resorts.” 18.

Hastuti, Tuti, dan Muhammad Nasri. 2014. “kualitas pelayanan, kepuasan, dan loyalitas nasabah: aplikasi servqual model pada lembaga keuangan mikro syariah kota malang Tuti.” Manajemen dan akuntansi 3(iii):73–94.

Indah Febriana, Nina. 2016. “analisis kualitas pelayanan bank terhadap kepuasan nasabah pada bank muamalat indonesia kantor cabang pembantu tulungagung.” An-Nisbah 03(01):145–68.

Indrawan, Yossy Wahyu. 2019. “pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi nilai terhadap kepuasan serta implikasinya pada loyalitas mahasiswa perguruan tinggi swasta x.” Feasible bisini,kewirausahaan dan koperasi 1 No.2:106–22.

Iryani, dan Risky Kawasati. 2020. “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif.” 4(1).

Kaura. 2013. “Service Convenience, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty: Study of Indian Commercial Banks.” Bisnis Dan Manajemen 26.

Kotler. 2002. “Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol.” 230.

Ladhari. 2009. “Service quality, emotional satisfaction, and behavioural intentions: A study in the hotel industry.” 19.

Malhotra. 1996. “The Impact of the Academy of Marketing Science on Marketing Scholarship: An Analysis of the Research Published in JAMS.” 24:291–98.

Malik, Saif Ullah. 2012. “Customer Satisfaction, Perceived Service Quality and Mediating Role of Perceived Value.” International Journal of Marketing Studies 4(1). Doi: 10.5539/ijms.v4n1p68.

Nikbin, Ishak, Jalalkamali, dan Marimutu. 2010. “Perceived Justice in Service Recovery and Recovery Satisfaction: The Moderating Role of Corporate Image.” 2.

Panjaitan, Januar Efendi, dan 2016:272 Ai Lili Yuliati. 2016. “Kepuasan pelanggan dapat diukur dengan beberapa indikator.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 272.

Parto Purba, Roy. 2017. “pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan.” Jom Fisip 4(1):1–13.

Pratiwi, Hardiyanti. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Takana Juo di Makassar.”

Purba, rosintasn sabrina, dan Syaifullah. 2020. “pengaruh promosi penjualan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk carvil di kota batam.” Jurnal akrab juara 5:228–39.

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2011. “Manajemen Pemasaran Jasa.” 2.

Rifqi, Nur. 2016. “pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada shine professional car wash di Makassar.”

Safakli. 2010. “Ethical Perceptions of Customers Towards the Services of Foreign Branch Banks in Northern Cyprus.” 7.

Sudaryono. 2017. Metodologi penelitian. Jakarta.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” 32.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. 3 ed. Diedit oleh Suryandari. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, E. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Charly VHT Family Karaoke Cabang Garut).” Jurnal Manajemen Maranatha 14(2):115003.

Sutisna. 2001. “Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.” Metode penelitian.

Tjiptono, Fandy. 2009. “Strategi Pemasaran Jasa.” Management marketing 1.

Wicaksono, Hendra. 2018. “Pemanfaatan E-Journal oleh Mahasiswa pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jakarta.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan 4(2):67–78. Doi: 10.14710/lenpust.v4i2.19676.

Yenni. 2018. “pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pt.pln (persero) unit pelaksana pelayanan pelanggan (up3) makassar selatan.” Ekonomi universitas negeri Makassar 10(1):279–88.