Analisis Produk, Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Tenant Pada Graha Pena Office Building

Main Article Content

Hasniaty Hasniaty
Muafiqa Natsir

Abstract

Analisis produk, Kualitas layanan, terhadap loyalitas melalui kepuasan tenant pada Graha Pnea Office Buiding Di Makassar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh produk, kualitas layanan terhadap loyalitas melalui kepuasan tenant. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 126 tenant, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dilakukan analisis data menggunakan path analisis.Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas tenant. Kualitas layanan juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tenant dan loyalitas. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan secara tidak langsung variabel produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan tenant, begitu juga dengan variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan tenant.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasniaty, H., & Natsir, M. . (2023). Analisis Produk, Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Tenant Pada Graha Pena Office Building . Economics and Digital Business Review, 4(1), 362–373. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.354

References

Afriantoni. (2019). Analisis Perilaku, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Produk Kosmetik Merek Batrisyia Herbal.

Afnina & yulia hastuti. 2018. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, vol 9, no 1 Januari 2018. E-issn 2614-1523.

Edwin Amanullah. 2013. Pengaruh harga, kualitas produk dan Loyalitas Terhadap Keputusan Pembelian Wingko Babat.Fakultas Ekonomi Dan BIsnis Universitas Diponegoro.

Analia Lumban Gaol. Kadarisman Hidayat. Sunarti. 2016. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38 No. 1 September 2016. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Anderson, James C. and James A. Narus. 2010, ”A Model of Distributor Firm and Manufacturer Firm Working Partnership”, Journal of Marketing, Vol. 54, pp. 45-58

Anggitan Rizana A.R. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Minat Beli Ulang Sebagai Variable Intervening’, Universitas Dian Nusantoro.

Assauri, Sofjan. 2012. Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value. Jakarta. Raja Grafindo Persada. eprints.unpam.ac.id.

Darwin, S., 2014.Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), pp.1-12.

Felita Sasongko, Hartono Subagio. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. JURNAL Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, (2013) 1-7.

Hasniaty. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa Penerbangan. Leutika

Hasniaty, Osman Lewangka, Ria Mardiana, Don Kluemper. 2015. Customer Perception on Products, Pricing, Service Quality, Towards Customer’s Quality Relationships and Loyalty of Domestic Airlines, Indonesia. International Journal Scienstific and Research. Vol. 4 Issue 12

Fornell C. MD Johnson, EW. Anderson, Jaeung Cha, and B. Everin Bryant, 2006, The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose and Findings, Journal of Marketing, 60. October, Pp. 7-17.

Garvin, David A.2016. alih bahasa Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran.Yogyakarta

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga

Hult, Pride, Ferrel.2013 Marketing 17th Edition. South-Western. Cengage Learning

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2014, Principles of Marketing, 14th New Jersey Pearson Education.Inc

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonom (Cetakan I). Yogyakarta: AMP YKPN.

Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011.“Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”.Jakarta : Erlangga.

Lovelock,C and Wirtz,J. (2014). “Services Marketing”, Fifth Edition, Prentice Hall, New Jersey

Malhotra, Naresh K., Marketing Research. 2nd Edition, USA: Prentice-Hall, Inc.Martindale's. 2000.

Oliver, R. 2010. “Whence Consumer Loyalty”, Journal Of Marketing, Vol.63.

Peter, J Paul dan Olson, Jerry C., 2014. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga.

Pine. B Joseph & James H. Gilmore. (2011). The Experience Economy. Massachusetts: Harvard Business School Publishing.

Santiari Rosmania Indah. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tenant Pada PT. Sumber Jaya Kelola Indonesia, Unit Plaza Bintaro Jaya.

Schiffman, l.G. dan Kanuk, Leslie L. 2013.Consumer Behavior.8th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Setiawan, Heri dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan) Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Slater, S.F. and Narver, J.C., 2014, “Does Competitive Envitronment Moderrate

Tjiptono Fandy, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta, 2011), h. 604.

Tjiptono, Fandy, 2014, Pemasaran Jasa, C.V Andi Offset, Yogjakarta.

Zahro, Ria Imarotuz. 2016. Pengaruh kualitas pelayanan Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Terhadap Kepuasan Penyewa Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Waru Gunung Karang Pilang Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Volume 4 Nomor 3, ISSN 2303-341X.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Mc.Graw-Hill. Boston

Zeithaml, Valarie A., Parasuraman A., Berry, Leonard L., 1990. Delivering Quality Service. New York: The Free Press, A Division of Macmillan, Inc.