Analisis Manajemen Risiko Pada UMKM Lexio Stay

Main Article Content

Yuswardi Yuswardi
Vonnylia Vonnylia
Florensia Sutjali
Nathania Jocelyn
Johanes Prawira
Angeline Aurellia

Abstract

Manajemen risiko bisnis merupakan kemungkinan terjadinya suatu hal yang akan memberikan dampaknya. Lexio Stay sebagai UMKM yang bergerak pada bidang pengelolaan properti menerapkan pengaruh manajemen risiko bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan manajemen risiko bisnis dalam UMKM. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan bersifat sekunder yaitu berasal dari artikel, buku, dan berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen risiko yang diterapkan dengan baik dapat meminimalisirkan dampak yang akan terjadi pada Lexio Stay. Hal ini dapat terjadi karena ancaman risiko akan menjadi peluang jika diterapkan dengan baik. Risiko bisnis rentan terhadap setiap perusahaan yang akan berpengaruh pada faktor-faktor yang dapat mengurangi keuntungannya atau menyebabkan perusahaan gagal. Dengan menerapkan manajemen risiko pada perusahaan akan memberikan kegunaan dalam dalam mengelola perusahaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuswardi, Y., Vonnylia, V., Sutjali, F. ., Jocelyn, N. ., Prawira, J. ., & Aurellia, A. . . (2022). Analisis Manajemen Risiko Pada UMKM Lexio Stay. Economics and Digital Business Review, 4(1), 280–286. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.333

References

Haryani, D.S dan P. R. K. S. (2021). Analisis Risiko Jasa Penyewaan Mobil Pada Cv. Rahmad Illahi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Tanjungpinang, 4(1), 66–74.

Hasibuan, A. (2004). Anlisis Manajemen Resiko Bisnis Pada Perusahaan Perhotelan Dengan MSetode Delphi Di Hotel Xy Medan. 1–10.

Herrera, M. (2013). Risk control planning: The Four T’s Process. MHA Consulting. https://www.mha-it.com/2013/03/27/the-four-ts-process/

Hopkin, P. (2018). Fundamentals of Risk Management Understanding, evaluating and implementing effective risk management.

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Losiewicz-Dniestrzanska, E. (2015). Monitoring of Compliance Risk in the Bank. Procedia Economics and Finance, 26(15), 800–805. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00846-1

Ulin, D. (2019). Risk Transfer - Definition, How It Works, and Methods. https://corporatefinanceinstitute.com/resources/risk-management/risk-transfer/

Yuswardi, Y., & Wanto, I. (2022). Kinerja Karyawan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya pada Karyawan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 920–926. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.670