Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat Kabupaten Bulukumba kecamatan Bontotiro khususnya Desa Lamanda. Masyarakat yang berdomisili di Desa Lamanda Kabupaten Bulukumba membutuhkan pengetahuan atau edukasi terkait pengelolaan BUMDes khususnya bidang keuangan dan kewirausahaan, dimana BUMDes  yang ada di Desa Lamanda hanya mengelola Air Galon saja sehingga perlunya pihak Pemerintah bekerjasama dengan Akademisi untuk melakukan edukasi terkait Pelatihan Keuangan BUMDes dan Pelatihan Kewirausahaan, untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan Masyarakat di Desa Lamanda.

Keywords

Pelatihan; keuangan BUMDes kewirausahaan Desa Lamanda

Article Details

How to Cite
Hatidja, S., Halim, M. R., & Junaidin, J. (2022). Pelatihan Keuangan BUMDes dan Pelatihan Kewirausahaan di Desa Lamanda Kabupaten Bulukumba . Celebes Journal of Community Services, 1(2), 8–13. https://doi.org/10.37531/celeb.v1i2.201

References

  1. Permendes No. 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.
  2. Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pengawasan Badan Keuangan dan Pembangunan.2016.
  3. Pengelolaan Keuangan Desa.Eisi ke 2. Ciawi:Bogor.
  4. Andriani,Lilya,Anawikrama Tungga Atmadja dan Ni Kadek Sinarwati.(2014). Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Sebuah Sudi Intrepetatif Pada Peggy Salon). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Vol :2 No :1 Tahun 2014).
  5. Soleh,Chalib dan Heru Rochmansyah. Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung, Penerbit : Fokusmedia