Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis pengaruh Motivasi Kerja guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. 2) Untuk menganalisis pengaruh Kompetensi guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. 3) Untuk menganalisis pengaruh Tunjangan Profesi Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. 4) Untuk menganalisis pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, dan Tunjangan Profesi Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal komparatif dengan pendekatan ex post facto (noneksperimen) dengan rancangan korelasional. Subjek penelitian adalah guru di SMK Negeri Kabupaten Soppeng dengan sampel 72 orang guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, dan dianalisis dengan uji t, uji F, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Soppeng, 2) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. 3) Tunjangan Profesi Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. 4) Motivasi Kerja, Kompetensi dan Tunjangan Profesi Guru berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Soppeng.


 

Keywords

Motivasi Kerja, Kompetensi, Tunjangan Profesi Guru, Kinerja Guru

Article Details