Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter, peran orang tua dan motivasi belajar secara parsial maupun bersama-sama berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Soppeng sebanyak 389 orang siswa, dengan sampel sebanyak 80 orang siswa. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pendidikan karakter berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, artinya semakin baik pendidikan karakter, akan semakin tinggi pula minat berwirausaha siswa. Peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, artinya semakin baik program peran orang tua, akan semakin tinggi pula minat berwirausaha siswa. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, artinya semakin baik motivasi belajar, akan semakin tinggi pula minat berwirausaha siswa. Pendidikan karakter, peran orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, artinya semakin baik pendidikan karakter, peran orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama, akan semakin tinggi pula minat berwirausaha siswa.

Keywords

Pendidikan Karakter, Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Minat Berwirausaha

Article Details