Main Article Content
Abstract
Menganalisis pengaruh manajemen berbasis sekolah dan profesionalisme guru terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKS Karya Teknik Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta (SMKS) Karya Teknik Kabupaten Soppeng dengan sampel sebanyak 31 orang guru. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen berbasis sekolah dan profesionalisme guru secara parisal maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKS Karya Teknik Kabupaten Soppeng. Artinya, baik buruknya manajemen berbasis sekolah dan profesionalisme guru akan menyebabkan perubahan yang searah kepada tingkat mutu pendidikan di SMKS Karya Teknik Kabupaten Soppeng.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Bustami. 2009. Pengaruh Pengembangan Profesionalisme Guru SMP terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Aceh Timur. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.
- Muhammad, Sahril., dan Mardia Rahman. 2017. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. EDUKASI - Jurnal Pendidikan Vol. 15 No.1 Januari.
- Mulyasa, E. (2005). Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyuk-seskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Nurdiansyah, A. S. (2015). Profesionalisme Guru dan Tantangan Kedepan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Global. Universitas Negeri Malang). ap. fip. um. ac. id/wp-content/uploads/2016/03/13-Aziz-Shofi Nurdiansyah. pdf.
- Nurkholis, 2006, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta : Grasindo.
- Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 2000 tentang pembagian kewenangan pemerintah pusat dan otonomi daerah
- Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru
- Syaifulloh, Muhammad., dan Budi Adjar Pranoto. 2017. Analisis Profesionalisme Guru, Diklat dan Prestasi Guru terhadap Kualitas Pendidikan pada Sekbin 3 UPTD Pendidikan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. JPSD Vol. 3 No. 1, Maret.
- Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah
- Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
- Waluyo, Gunawan Eko., dan Samsul Hadi. 2014. Pengaruh Penerapan Mbs, Pengelolaan Pembelajaran Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SD/MI. Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan Volume 2, Nomor 2.
References
Bustami. 2009. Pengaruh Pengembangan Profesionalisme Guru SMP terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Aceh Timur. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.
Muhammad, Sahril., dan Mardia Rahman. 2017. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. EDUKASI - Jurnal Pendidikan Vol. 15 No.1 Januari.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyuk-seskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdiansyah, A. S. (2015). Profesionalisme Guru dan Tantangan Kedepan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Global. Universitas Negeri Malang). ap. fip. um. ac. id/wp-content/uploads/2016/03/13-Aziz-Shofi Nurdiansyah. pdf.
Nurkholis, 2006, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta : Grasindo.
Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 2000 tentang pembagian kewenangan pemerintah pusat dan otonomi daerah
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru
Syaifulloh, Muhammad., dan Budi Adjar Pranoto. 2017. Analisis Profesionalisme Guru, Diklat dan Prestasi Guru terhadap Kualitas Pendidikan pada Sekbin 3 UPTD Pendidikan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. JPSD Vol. 3 No. 1, Maret.
Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah
Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Waluyo, Gunawan Eko., dan Samsul Hadi. 2014. Pengaruh Penerapan Mbs, Pengelolaan Pembelajaran Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SD/MI. Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan Volume 2, Nomor 2.